DINAS
PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 PARAKAN
PANDUAN
UJIAN PRAKTEK
SMP NEGERI 1
PARAKAN
MATA PELAJARAN : IPA
TAHUN 20152016
I.PENDAHULUAN
Berdasarkan peraturan menteri pendidikan nasional Indonesia
no. 45 tahun 2010 pasal 1 ayat 2
yang menyatakan bahwa “ Ujian sekolah/madrasah selanjutnya
disebut US/M adalah kegiatan
pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang
dilakukan oleh sekolah/madrasah untuk semua mata pelajaran pada kelompok ilmu
pengetahuan dan tehnologi “ ,maka satuan pendidikan (SMP/MTs) perlu mengadakan
pengukuran dan penilaian dalam kemampuan psikomotorik berupa kegiatan praktikum
mata pelajran Ilmu Pengtahuan Alam ( IPA ) , yang materi ujinya dari semester
1,2,3,4,5,dan 6.
Dalam kegiatan pengukuran dan penilaian sebagaimana dimaksud
diatas , panduan ini memberi petunjuk tehnis dan panduan materi praktikum yang
dapat dipilih diantara daftar yang tersusun ini dengan mengacu kepada kemampuan
satuan pendidikan.
II. SEBARAN MATERI
Materi meliputi seluruh jenjang kelas 7, 8 dan 9 sesuai KTSP
pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
III.KISIKISI MATERI
Materi ujian dapat dipilh dari kompetensi yang ada dengan
pola perbandingan kelas 7,kelas 8 dan kelas 9 adalah 2 : 3 : 5
IV.MEKANISME
PELAKSANAAN
Setiap siswa mendapatkan materi fisika,
biologi dan kimia dengan pengaturannya
disesuaikan pada kebijakan sekolah
masingmasing. Dalam panduan ini disediakan
materimateri untuk diujikan dalam praktek.
Masingmasing sekolah dapat memilih materi
ujian praktek yang sesuai dengan alat yang
dimilki sekolah.
Semua alat dan bahan praktikum sebaiknya
disediakan oleh sekolah ,untuk menjaga
kerahasian materi yang akan diujikan dalam
praktikum.
Jika alat dan bahan yang diperlukan tidak
mencukupi maka ujian praktek dapat dilakukan dengan system kerja kelompok
V. TEKNIS PELAKSANAAN
Ruang pengujian didesain sedemikian rupa,
sehingga peserta ujian dapat melakukan kegiatan dengan tertib tidak terganggu
oleh teman yang berada didekatnya.
Dalam tiap ruang disiapkan 12 jenis
materi ujian praktek, maksimal tersedia sebanyak 4 set untuk setiap materi
ujian praktek.
Dalam satu ruangan ujian praktek dapat
menampung 20 peserta ujian
Setiap sessi memerlukan waktu 90 menit
Peserta ujian masuk ke dalam ruangan
praktikum hanya berbekal tanda peserta, alat tulis dan serbet.
Peserta ujian wajib mengerjakan 4 kegiatan dari 10 soal yang tersedia dengan mengisi
lembar
kegiatan dan setiap mata ujian praktek
diselesaiakan dalam waktu 15 menit
VI. PENGUJIAN DAN
PENILAIAN
Guru bukan hanya bertindak sebagai
pengawas ujian ,tetapi juga sebagai penilai dan penguji dalam proses kegiatan
ujian praktek.
Penguji harus mengamati cara kerja dari
persiapan hingga akhir dan memeriksa lembar kegiatan masingmasing dengan skor
yang sesuai dengan pedoman penskoran.
Penilaian dapat dilakukan penskoran dari
skor proses dan skor laporan kegiatan praktikum..
Penilaian berdasarkan pada rumus berikut
ini :
VII.PEDOMAN PENSKORAN
Aspek Yang Dinilai :
Persiapan:
1. Menyiapkan perangkat alat dan bahan kegiatan ujian paktek
2. Merangkai / menyusun perangkat alat dan bahan kegiatan ujian praktek
Proses :
1. Urutan langkah –langkah /prosedur kegiatan praktikum
2. Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan fungsinya.
3. Hasil kegiatan ujian praktek
Laporan :
1. Penulisan tujuan kegiatan praktikum
2. Penulisan alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum
3. Menuliskan langkahlangkah /prosedur kegiatan praktikum
4. Mengisi table atau hasil pengamatan
5. Menjawab pertanyaan
6. Membuat kesimpulan
VIII. MATERI DAN JUDUL PRAKTIKUM
No. STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN
KOMPETENSI
|
JUDUL PRAKTIKUM
|
No. SOAL
|
1. Pengukuran volum /massa / waktu
|
1. Memahami
prosedur
ilmiah untuk
mempelajarai
bendabenda
alam dengan
menggunakan
peralatan
|
1.3 Melakukan
pengukuran dasar
secara teliti
dengan
menggunakan alat
ukur yang sesuai
dan sering
digunakan dalam
kehidupan seharihari
|
1. Mengukur
dengan satuan
baku dan tak baku
secara baik dan
benar
|
1
|
2. Merencanakan
percobaan
sederhana tentang
pengukuran masa
jenis
|
2.3. Mendiskripsikan
konsep masa jenis
dalam kehidupan
seharihari
|
2. Menentukan masa jenis
zat
|
2
|
|
3.Melakukan
percobaan untuk
mengetahui sifat
asam, basa di
laboratorium dan
alam misalnya
dengan
menggunakan
kembang sepatu
|
3.4 Melakukan
percobaan
sederhana dengan
bahanbahan yang
diperoleh dalam
kehidupan seharihari
|
3.Mengelompokan
larutan asam, basa dan garam
|
3
|
|
4.Memahami
gejalagejala alam
melalui
pengamatan
|
4.Menggunakan
mikroskop dengan
benar (mengatur
fokus, pencahayaan,
menemukan objec
Mikropis)
|
4.3 Menggunakan
mikroskop dan
peralatan pendukung
lainnya untuk
mengamati gejalagejala
kehidupan
|
4.Menggunakan mikroskop
untuk pengamatan
preparat segar atau
preparat awetan
|
4
|
5. Memahami
keanekaragaman
makhluk hidup
|
5.2.mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasrkan ciriciri
yang dimiliki
|
5.3. Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup
di sekitar
berdasar ciri yang diamati
|
5.Mengklasifikasikanhewan atau
tumbuhan berdasarkan ciricirinya
|
5
|
6.Memahami
berbagai sistem
dalam kehidupan
manusia
|
6.1 . Mendeskripsikan
sistem pencernaan
pada manusia dan dan
hubungannya dengan
kesehatan
|
6. Mendeskripsikan
jenis makanan
berdasar
kandungan zat
yang ada di
dalamnya
|
6. Melakukan uji bahan
makanan untuk
mengetahui adanya
amilumprotein dan lemak
yang tedapat pada
makanan tertentu
|
6
|
7. Memahami
peranan usaha,
gaya, dan energi
dalam kehidupan
seharihari
|
7.4 Melakukan
percobaan tentang
pesawat sederhana
dan penerapannya
dalam kehidupan
seharihari
|
7. Melakukan
kegiatan untuk
menggolongkan alatalat
yang disediakan
kedalam jenis
tuas,karol dan
|
7. Menentukan besarnya keuntungan
mekanik
|
7
|
8.Memahami
berbagai sistem
dalam kehidupan
manusia
|
8. Mendeskripsikan
sistem ekskresi
pada manusia dan
hubungannya
dengan kesehatan
|
8. Mendiskripsikan
proses dan fungsi
organ ekskresi pada
manusia
|
8. Menunjukkan proses dan fungsi organ
ekskresi
dengan carta atau torso
|
8
|
9.Memahami timbulnya
konsep
kemagnetan dan
penerapannya
dalam kehidupan
seharihari
|
9. Menerapkan konsep induksi
elektromagnetik untuk
menjelaskan prinsip
kerja beberapa alat
yang memanfaatkan
prinsip induksi
elektromagnetik
|
9. Menjelaskan hubungan antara pergerakan
garis
medan magnetik
dengan terjadinya
gaya gerak listrik
|
9. Menyelidiki
induksi melalui
percobaan
|
9
|
10. Memahami
kelangsungan
hidup makhluk
hidup
|
10.3 mendeskripsikan
proses pewarisan dan
hasil pewarisan sifat
beserta penerapannya
|
10.menentukan rasio
hasil persilangan
persilangan
monohibrida dan
dihibrida
|
10. Persilangan
monohibrid dan
persilangan dihibrid
|
10
|
LAP0RAN PRAKTIKUM
UJIAN PRAKTIK IPA TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Nomor Praktikum : ..........
JUDUL
:
....................................................................................................................................
Tujuan :
…………………………………………...................................................................
Alat dan bahan :
1. …………………
2…………………..
3…………………..
4. …………………
Langkah Kerja :
1 . ……………………………,
1. ………………………………
2. ………………………………
3. ………………………………
4. ………………………………
Hasil/ Tabel Percobaan:
………
………
………..
Pembahasan:
1………
2……….
4……….
Kesimpulan :
……………………….......................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................
No. Peserta …………………
Nama :1. ………………..
2.............................
Kelas :
IX ………….