Search

Saturday, March 5, 2016

PANDUAN UJIAN PRAKTIKUM IPA

DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 1 PARAKAN
Alamat : Jl. Letnan Suwaji No. 09 Parakan, Temanggung Telp. (0293)596143 Pos 56254
=================================================================

PANDUAN
UJIAN PRAKTEK
SMP NEGERI 1 PARAKAN

MATA PELAJARAN : IPA
TAHUN 2015­2016

I.PENDAHULUAN
Berdasarkan peraturan menteri pendidikan nasional Indonesia no. 45 tahun 2010 pasal 1 ayat 2
yang menyatakan bahwa “ Ujian sekolah/madrasah selanjutnya disebut US/M adalah kegiatan
pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh sekolah/madrasah untuk semua mata pelajaran pada kelompok ilmu pengetahuan dan tehnologi “ ,maka satuan pendidikan (SMP/MTs) perlu mengadakan pengukuran dan penilaian dalam kemampuan psikomotorik berupa kegiatan praktikum mata pelajran Ilmu Pengtahuan Alam ( IPA ) , yang materi ujinya dari semester 1,2,3,4,5,dan 6.
Dalam kegiatan pengukuran dan penilaian sebagaimana dimaksud diatas , panduan ini memberi petunjuk tehnis dan panduan materi praktikum yang dapat dipilih diantara daftar yang tersusun ini dengan mengacu kepada kemampuan satuan pendidikan.
II. SEBARAN MATERI
Materi meliputi seluruh jenjang kelas 7, 8 dan 9 sesuai KTSP pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
III.KISI­KISI MATERI
Materi ujian dapat dipilh dari kompetensi yang ada dengan pola perbandingan kelas 7,kelas 8 dan kelas 9 adalah 2 : 3 : 5
IV.MEKANISME PELAKSANAAN
­ Setiap siswa mendapatkan materi fisika, biologi dan kimia dengan pengaturannya
disesuaikan pada kebijakan sekolah masing­masing. Dalam panduan ini disediakan
materi­materi untuk diujikan dalam praktek. Masing­masing sekolah dapat memilih materi
ujian praktek yang sesuai dengan alat yang dimilki sekolah.
­ Semua alat dan bahan praktikum sebaiknya disediakan oleh sekolah ,untuk menjaga
kerahasian materi yang akan diujikan dalam praktikum.
­ Jika alat dan bahan yang diperlukan tidak mencukupi maka ujian praktek dapat dilakukan dengan system kerja kelompok
V. TEKNIS PELAKSANAAN
­ Ruang pengujian didesain sedemikian rupa, sehingga peserta ujian dapat melakukan kegiatan dengan tertib tidak terganggu oleh teman yang berada didekatnya.
­ Dalam tiap ruang disiapkan 12 jenis materi ujian praktek, maksimal tersedia sebanyak 4 set untuk setiap materi ujian praktek.
­ Dalam satu ruangan ujian praktek dapat menampung 20 peserta ujian
­ Setiap sessi memerlukan waktu 90 menit
­ Peserta ujian masuk ke dalam ruangan praktikum hanya berbekal tanda peserta, alat tulis dan serbet.
­ Peserta ujian wajib mengerjakan 4 kegiatan dari 10 soal yang tersedia dengan mengisi lembar
kegiatan dan setiap mata ujian praktek diselesaiakan dalam waktu 15 menit
VI. PENGUJIAN DAN PENILAIAN
­ Guru bukan hanya bertindak sebagai pengawas ujian ,tetapi juga sebagai penilai dan penguji dalam proses kegiatan ujian praktek.
­ Penguji harus mengamati cara kerja dari persiapan hingga akhir dan memeriksa lembar kegiatan masing­masing dengan skor yang sesuai dengan pedoman penskoran.
­ Penilaian dapat dilakukan penskoran dari skor proses dan skor laporan kegiatan praktikum..
­ Penilaian berdasarkan pada rumus berikut ini :
VII.PEDOMAN PENSKORAN
Aspek Yang Dinilai :
Persiapan:
1. Menyiapkan perangkat alat dan bahan kegiatan ujian paktek
2. Merangkai / menyusun perangkat alat dan bahan kegiatan ujian praktek
Proses :
1. Urutan langkah –langkah /prosedur kegiatan praktikum
2. Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan fungsinya.
3. Hasil kegiatan ujian praktek
Laporan :
1. Penulisan tujuan kegiatan praktikum
2. Penulisan alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum
3. Menuliskan langkah­langkah /prosedur kegiatan praktikum
4. Mengisi table atau hasil pengamatan
5. Menjawab pertanyaan
6. Membuat kesimpulan

VIII. MATERI DAN JUDUL PRAKTIKUM
No. STANDAR
KOMPETENSI

KOMPETENSI
DASAR

INDIKATOR
PENCAPAIAN
KOMPETENSI
JUDUL PRAKTIKUM

No. SOAL
1. Pengukuran volum /massa / waktu

1. Memahami
prosedur
ilmiah untuk
mempelajarai
benda­benda
alam dengan
menggunakan
peralatan

1.3 Melakukan
pengukuran dasar
secara teliti
dengan
menggunakan alat
ukur yang sesuai
dan sering
digunakan dalam
kehidupan seharihari
1. Mengukur
dengan satuan
baku dan tak baku
secara baik dan
benar

1
2. Merencanakan
percobaan
sederhana tentang
pengukuran masa
jenis
2.3. Mendiskripsikan
konsep masa jenis
dalam kehidupan
sehari­hari

2. Menentukan masa jenis
zat

2

3.Melakukan
percobaan untuk
mengetahui sifat
asam, basa di
laboratorium dan
alam misalnya
dengan
menggunakan
kembang sepatu

3.4 Melakukan
percobaan
sederhana dengan
bahan­bahan yang
diperoleh dalam
kehidupan seharihari

3.Mengelompokan
larutan asam, basa dan garam

3
4.Memahami
gejala­gejala alam
melalui
pengamatan

4.Menggunakan
mikroskop dengan
benar (mengatur
fokus, pencahayaan,
menemukan objec
Mikropis)

4.3 Menggunakan
mikroskop dan
peralatan pendukung
lainnya untuk
mengamati gejalagejala
kehidupan

4.Menggunakan mikroskop
untuk pengamatan
preparat segar atau
preparat awetan

4
5.  Memahami
keanekaragaman
makhluk hidup

5.2.mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasrkan ciri­ciri
yang dimiliki

5.3. Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar
berdasar ciri yang diamati

5.Mengklasifikasikanhewan atau tumbuhan berdasarkan ciri­cirinya

5
6.Memahami
berbagai sistem
dalam kehidupan
manusia

6.1 . Mendeskripsikan
sistem pencernaan
pada manusia dan dan
hubungannya dengan
kesehatan

6. Mendeskripsikan
jenis makanan
berdasar
kandungan zat
yang ada di
dalamnya

6. Melakukan uji bahan
makanan untuk
mengetahui adanya
amilumprotein dan lemak
yang tedapat pada
makanan tertentu

6
7.  Memahami
peranan usaha,
gaya, dan energi
dalam kehidupan
sehari­hari

7.4 Melakukan
percobaan tentang
pesawat sederhana
dan penerapannya
dalam kehidupan
sehari­hari

7. Melakukan
kegiatan untuk
menggolongkan alatalat
yang disediakan
kedalam jenis
tuas,karol dan

7. Menentukan besarnya keuntungan mekanik

7
8.Memahami
berbagai sistem
dalam kehidupan
manusia

8. Mendeskripsikan
sistem ekskresi
pada manusia dan
hubungannya
dengan kesehatan

8. Mendiskripsikan
proses dan fungsi
organ ekskresi pada
manusia

8. Menunjukkan proses dan fungsi organ ekskresi
dengan carta atau torso

8
9.Memahami timbulnya
konsep
kemagnetan dan
penerapannya
dalam kehidupan
sehari­hari

9.  Menerapkan konsep induksi
elektromagnetik untuk
menjelaskan prinsip
kerja beberapa alat
yang memanfaatkan
prinsip induksi
elektromagnetik

9. Menjelaskan hubungan antara pergerakan garis
medan magnetik
dengan terjadinya
gaya gerak listrik
9. Menyelidiki
induksi melalui
percobaan

9
10. Memahami
kelangsungan
hidup makhluk
hidup

10.3 mendeskripsikan
proses pewarisan dan
hasil pewarisan sifat
beserta penerapannya

10.menentukan rasio
hasil persilangan
persilangan
monohibrida dan
dihibrida

10. Persilangan
monohibrid dan
persilangan dihibrid

10











 LAP0RAN PRAKTIKUM
UJIAN PRAKTIK IPA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nomor Praktikum : ..........

JUDUL
: ....................................................................................................................................

Tujuan
…………………………………………...................................................................

Alat dan bahan :
1. …………………
2…………………..
3…………………..
4. …………………

Langkah Kerja :
1 . ……………………………,
1. ………………………………
2. ………………………………
3. ………………………………
4. ………………………………

Hasil/ Tabel Percobaan:
………
………
………..

Pembahasan:
1………
2……….
3……….
4……….

Kesimpulan :
……………………….......................................................................................................................................
...............................................................................................................................................................

No. Peserta     …………………
Nama              :1. ………………..
                        2.............................

Kelas            : IX ………….